Pelaksanaan Vaksinasi Measles and Rubella SDN 1 Lumbir


Vaksin MR atau Measles and Rubella vaccine adalah vaksin untuk mencegah measles (campak) dan rubella (campak Jerman). Campak dan rubella disebabkan infeksi virus yang berbeda, tetapi sama-sama bisa menular melalui udara yang terkontaminasi virus. Vaksin MR merupakan salah satu jenis vaksinasi yang wajib diberikan kepada anak mulai dari usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun.

Vaksin MR mengandung virus yang telah dilemahkan. Penyuntikan vaksin MR akan membantu tubuh mengenal dan membentuk kekebalan (antibodi), sehingga mampu melawan virus penyebab measles dan rubella.

Vaksin MR merupakan salah satu jenis vaksinasi wajib untuk anak. Sesuai anjuran imunisasi yang dikeluarkan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), jadwal penyuntikan vaksin MR bisa dilakukan sejak anak berusia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun.
Imunisasi MR masuk ke dalam jadwal imunisasi rutin segera setelah masa kampanye berakhir, diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan dan anak kelas 1 SD/sederajat tanpa dipungut biaya. Untuk dapat memutuskan mata rantai penularan penyakit campak dan rubella maka diperlukan cakupan imunisasi minimal 95%.

Manfaat imunisasi MR adalah untuk mencegah tubuh terserang penyakit campak dan rubella. Banyak orang yang masih belum mengetahui apa perbedaan antara imunisasi MR dan MMR. Imunisasi MR (Measles dan Rubella) merupakan kombinasi vaksin campak atau Measles (M) dan Rubella (R). Sedangkan imunisasi MMR (Measles, Mumps dan Rubella) terdiri dari 3 komponen vaksin yaitu Mumps (gondongan), Measles (campak), dan Rubella.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar