Hari Santri Nasional 2021 SDN 1 Lumbir


Setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Perayaan Hari Santri Nasional diselenggarakan bertujuan mengenang sejarah santri dan perjuangannya dalam memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hari Santri Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Keppres itu telah ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober 2015. Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional itu terkait dengan peranan para santri dalam melawan Belanda saat agresi militer kedua.

Momen yang menjadi titik awal dari perancangan Hari Santri yakni saat KH Hasyim Asy'ari mendeklarasikan resolusi jihad yang mewajibkan seluruh umat Islam melawan penjajah pada 22 Oktober 1945.  KH Hasyim Asy'ari merupakan Pahlawan Nasional Indonesia yang juga pendiri sekaligus Rais Akbar Nahdlatul Ulama (NU).  Selain itu, Hasyim Asy'ari menyampaikan fatwa yang disebut sebagai Resolusi Jihad. Fatwa itu berisikan seruan agar para pejuang memerangi Belanda dan setiap pejuang yang gugur berada dalam keadaan mati syahid.

Tema Hari Santri 2021 adalah Santri Siaga Jiwa dan Raga. Tema ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. "Makna "Siaga Jiwa" dalam tema tersebut berarti bahwa santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Santri SDN 1 Lumbir
Upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 yang digelar di SD Negeri 1 Lumbir Desa Lumbir Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas dilaksanakan secara sederhana. Meskipun digelar secara sederhana, namun tidak mengurangi makna dari peringatan Hari Santri Nasional 2021.

Pada peringatan hari santri tahun ini menjadi pemicu dalam menuntut ilmu, mari kita tunjukan bahwa kita juga bisa. Berikut ini foto-foto kegiantan hari Santri Nasional SD Negeri 1 Lumbir.
Semoga dengan Hari Santri Tahun 2021 lebih meningkatkan keimanan seluruh warga sekolah SDN 1 Lumbir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar